Selasa, 18 Juni 2019

Lebih Jauh Tentang Kertas dan Sejarahnya

Lebih Jauh Tentang Kertas dan Sejarahnya - Usaha percetakan yang kami garap tentu tidak terlepas dari salah-satu bahan baku yaitu kertas. Kertas merupakan bahan tipis yang dihasilkan melalui kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan pada umumnya adalah alami, mengandung selulosa, dan mengandung hemiselulosa.


Kertas merupakan media utama untuk menggambar, menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain misalnya kertas pembersih (tissue) yang berfungsi untuk membungkus hidangan, kebersihan toilet, keperluan kesehatan, atau untuk keperluan berhias (make-up). Kebutuhan manusia terhadap kertas tidak ada ubahnya terhadap plastik, bahkan dalam kegunaan praktis kedua bahan tersebut sering dikolaborasikan.

Beberapa sumber sejarah menyatakan bahwa kertas pertama kali ditemukan di China sekitar 100 AD. Tentu dalam wujudnya yang masih sederhana tidak seperti sekarang. Beberapa abad kemudian formula untuk pabrikasi atau manufaktur kertas tersebar sampai ke Eropah melalui jalur perdagangan dan pelayaran. Hal inilah yang pada gilirannya nanti membuat kertas menjadi salah-satu komoditi populer di dunia. Nyaris tidak ada satupun sendi kehidupan modern yang tidak menyertakan kertas.

Kehadiran kertas menghasilkan revolusi baru dalam dunia tulis-menulis dan memberikan sumbangsih besar bagi peradaban dunia. Sebelum ditemukannya kertas, manusia menggunakan loh dari lempung yang dibakar. Hal ini bisa ditemui misalnya pada peradaban Sumeria

Sebelum ada kertas telah ada prasasti batu, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah naskah Nusantara beberapa abad lampau.

Kertas dalam bahasa Inggris disebut “paper” berasal dari kata “papyrus” yakni bahan alami (sejenis tumbuhan) yang berasal dari Mesir yang digunakan secara luas pada masa peradaban Greco Roman. Pada mulanya kertas digunakan orang untuk menulis dan mencetak. Pada kegunaannya untuk menulis, kertas telah menggantikan fungsi dari lontar, pelepah kayu, dan kulit yang sebelumnya biasa digunakan untuk menulis.

Bahan baku kertas yang umum adalah serbuk gergaji, serutan kayu, bubuk kayu, daun kering, kulit jagung, dan berbagai serat alami lainnya. Sejalan dengan berkembangnya proses industri kertas yang berevolusi selama berabad-abad, penggunaan kertas terus berkembang pesat karena potensinya yang istimewa. Jenis-jenis kertas yang tersedia di pasaran dapat dibedakan menurut fungsi, tekstur, ukuran, ketebalan, dan warnanya. 

HUBUNGI KAMI




021 - 4223432

HOTLINE

Tentang Kami

Pemasaran

Herryanto

Marketing

Pengelola Website

Lucky Bachtiar

Pengelola Website