Jumat, 14 Juni 2019

Mengenal Teknologi Website Terkini

Mengenal Teknologi Website Terkini - Sebagai bagian dari pelayanan, CV. Layung Buwono berkomitmen untuk berbagi pengetahuan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Kali ini pembaca akan disuguhi sedikit pengetahuan tentang teknologi website, tentu saja paparannya terbatas yang kami pahami sebagai praktisi.

Pengertian situs web (bahasa Inggris: website) adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan, umumnya berada pada server yang sama, berisikan sejumlah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Secara teknis situs web ditempatkan pada server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun local area network (LAN) melalui alamat Internet yang dikenal sebagai URL. Dan URL ini salah-satunya bisa terbentuk berdasarkan nama domain. Dan tentang domain ini akan kita bahas kemudian.


Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau disingkat WWW. Walaupun setidaknya halaman beranda situs Internet dapat diakses publik secara bebas, tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, privasi, atau karena tujuan komersial.

Beberapa situs web mewajibkan pengunjung melakukan pendaftaran sebagai anggota atau member, atau bahkan meminta pembayaran agar dapat menjadi anggota agar dapat mengakses isi situs web tersebut, misalnya situs-situs pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain.

Suatu halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, terkadang pula disisipi oleh sekelumit bahasa skrip seperti ASP atau PHP. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web (browser) dan ditampilkan seperti layaknya halaman pada monitor komputer. Tampilannya seperti yang kita lihat secara umum sekarang, yaitu menampilkan komposisi tulisan, gambar, film, iklan, dsb.

Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP atau HTTPS. Sebuah website bisa diakses oleh kita tidak terlepas dari eksistensi internet, domain, hosting, dan aplikasi. Mari kita membahasnya satu per satu.

Pengertian Internet


Menurut Oetomo (2002) internet merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil saling terhubung satu sama lain. Internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP).

TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara/prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.


Gagasan awal internet adalah dari intranet yang secara sederhana menghubungkan dua buah komputer agar bisa saling berinteraksi. Intranet ini selanjutnya berkembang dari sisi jumlah komputer yang saling berhubungan di suatu gedung atau ruangan, terus dan terus berkembang hingga akhirnya komputer di seluruh dunia bisa dihubungkan. Pada saat komputer di seluruh dunia bisa saling berhubungan, maka lingkup jaringannya sudah bukan lagi intranet melainkan internet.

Pengertian Domain


Sebuah server atau bahkan sekedar sebuah komputer ketika tersambung ke jaringan memiliki satu atau beberapa IP address yang berupa susunan angka, misalnya 192.168.100.12. IP address ini bisa diibaratkan sebagai alamat bagi rumah, yang dengan alamat itulah bisa dilakukan positioning dan pengaksesan. Tapi tentu saja tidak mudah untuk mengingat-ingat IP address, apalagi jika jumlahnya banyak, maka pepberian alias dengan nama domain adalah solusinya. Ketika kita mengetikkan nama domain seperti google.com misalnya, maka sesungguhnya kita sedang mengakses IP Address 216.58.216.110.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.

Nama domain terdiri atas dua elemen utama. Misalnya, nama domain Facebook.com memuat nama website (Facebook) dan ekstensi nama domain (.com). Pada saat perusahaan (atau orang pribadi) membeli nama domain, mereka bisa membuat atau menentukan server agar nama domain bisa diarahkan.

Pengertian Hosting


Gambaran termudah dari sebuah hosting adalah harddisk atau storage yang bisa diakses oleh banyak PC, di sanalah berbagai file dan aplikasi disimpan. Karena internet merupakan jaringan dengan cakupan dunia, maka kapasitas storage untuk hosting tentu luar biasa besarnya.

Karena biaya operasional dan investasinya sangat mahal, maka secara umum perorangan yang ingin memiliki website melakukan sewa hosting, terkecuali perusahaan-perusahaan besar tertentu yang memang memiliki hosting sendiri.

Pengertian Aplikasi


Aplikasi adalah suatu program berbentuk perangkat lunak yang berjalan pada sistem tertentu yang berguna untuk membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Selain pengertian di atas, ada banyak pengertian dari kata ‘Aplikasi’ yang dikemukakan oleh para ahli.

Dalam kaitannya dengan website, aplikasi digunakan untuk membuat tampilan yang merupakan bagian terluar yang bisa diakses secara indrawi oleh manusia. Untuk menyederhanakan pembahasan, kita sebut saja sebagai aplikasi web.

Ketika Anda membuka Facebook misalnya, maka berbagai tulisan dan foto-foto di sana ditampilkan oleh aplikasi web.

Secara sekilas di atas telah disebutkan tentang html, xhtml, dan bahasa script, inilah yang sejatinya digunakan untuk membangun aplikasi dasar web.

HUBUNGI KAMI




021 - 4223432

HOTLINE

Tentang Kami

Pemasaran

Herryanto

Marketing

Pengelola Website

Lucky Bachtiar

Pengelola Website