Jumat, 21 Juni 2019

Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Percetakan


Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Percetakan - Dari waktu ke waktu yang namanya teknologi terus berkembang, suatu barang canggih yang kita kenal setahun yang lalu bisa jadi telah merupakan hal yang ketinggalan di masa kini. Hal ini terutama terjadi di teknologi elektronika, termasuk komputer dan hand gadget.

Perbedaan paling mendasar antara percetakan jaman dulu dengan sekarang adalah soal komputerisasi. Percetakan masa kini menggunakan komputer sebagai alat kontrol mesin, alat desain, dan alat administrasi.

Komputer Sebagai Alat Kontrol Mesin Cetak


Mesin cetak banyak ragamnya, dan di antara yang sederhana adalah mesin cetak kartu pengenal serta mesin cetak stiker. Kedua jenis mesin tersebut pada dasarnya tidak beda dengan mesin printer di kantor-kantor. Pada mesin cetak sendiri tentu ada sejumlah instrumen pengontrol, dan pada beberapa kondisi bisa saja dialihkan ke komputer pengontrolannya.

Komputer Sebagai Alat Desain


Berbekal software seperti Adobe Photoshop, Corel dsb maka komputer sangat berguna sebagai alat desain gambar, desain huruf, bahkan hingga desain-desain yang lebih kompleks seperti image 3D. Untuk desain-desain yang ringan, bahkan Microsoft Word sekalipun bisa digunakan.

Komputer Sebagai Alat Administrasi


Sebuah percetakan yang memiliki banyak karyawan tentu memiliki tata administrasi yang lebih rumit dibanding yang memiliki sedikit karyawan, maka peran komputer sebagai alat administrasi menjadi sentral. Hal-hal umum yang biasa diolah sebagai pencatatan kekaryawanan seperti absensi, gaji, lembur, cuti dan sebagainya semua dilakukan dengan komputer.

Dampak yang Kurang Menyenangkan


Apakah dampak teknologi selalu menyenangkan? Jawabannya adalah tidak, termasuk untuk percetakan. Ketika pemakaian Whatsapp misalnya telah menjadi habit, maka undangan pernikahan untuk kalangan dekat cukup dengan menggunakan jejaring sosial tersebut, tidak lagi perlu menggunakan undangan berbentuk cetakan.

HUBUNGI KAMI




021 - 4223432

HOTLINE

Tentang Kami

Pemasaran

Herryanto

Marketing

Pengelola Website

Lucky Bachtiar

Pengelola Website